Wednesday, April 3, 2019

Bagaimana Cara Mengetahui ID Device di Perangkat Android?

Apa sih Android Device ID itu? Adalah sebuah nomor 64-bit (sebagai hex string) yang dihasilkan secara acak pada perangkat saat boot pertama kali dan harus tetap konstan selama masa pakai perangkat. (Nilai mungkin berubah jika pengaturan ulang pabrik dilakukan pada perangkat.) 

Android Device ID adalah ID (identitas) dari perangkat android. Identitas ini unik, setiap perangkat android hadir dengan identitas yang unik, atau berbeda-beda.

Selain sebagai nomor seri atau pengenal, Device ID pada sebuah smartphone Android juga digunakan sebagai nomor pengenal agar Google mengenal perangkat Android kita. Tak hanya Google yang akan melacak device ID ini, website yang kamu kunjungi dan aplikasi tertentu pun mendeteksi kamu melalui device ID.

Cara Mengetahui Device ID pada smartphone /tablet android

Di sini kami mempunyai 2 cara untuk mengetahui Device ID perangkat android sobat-sobat semua, yang bisa digunakan di hampir semua jenis Android yang sekarang ada di pasaran, sebagai berikut.

1. Melalui Aplikasi "Device ID"

Pengecekan device ID dapat dilakukan dengan menggunakan sebuah aplikasi yang memang dikhususkan untuk keperluan itu, yang dapat memunculkan seluruh informasi yang tersimpan pada perangkat Android, termasuk Device ID. Sesuai kegunaannya, aplikasi ini bernama "Device ID". Tenang saja, Aplikasi ini tidak memakan memori penyimpanan karena aplikasi ini sangat ringan sekitar 40KB.

Cara menggunakannya pun sangat mudah cukup dengan menginstall aplikasi ini dan membukanya seperti biasa, dan seluruh data (termasuk Device ID) pada smartphone kamu akan muncul. Kelebihan menggunakan aplikasi Device ID ini, kita akan mengetahui juga detail yang lebih banyak seperti Google Services Framework Key ID, IMEI, IMSI, SIM Card Serial, WiFi MAC Address, dan juga Ethernet MAC Address.

2. Dengan menggunakan kode

Cara kedua ini yang paling cepat dan mudah, apabila kamu mengingat kode ini. Secara langsung, buka ikon panggilan dan ketik kode ini (seperti melakukan cek pulsa, tapi nggak perlu hingga memanggil). Dan tanpa perlu instal aplikasi apapun.

*#*#8255#*#*

Seperti gambar di atas, layar akan muncul ketika kamu telah menekan kode tersebut dengan benar (*#*#8255#*#*). Layar itu bernama GTalk Service Monitor, seketika muncul dan memperlihatkan berbagai informasi mengenai perangkat android termasuk Device ID yang sedang kita bicarakan. Cara ini berhasil pada hampir seluruh merk dan type Android yang ada saat ini, namun bila cara ini tidak berhasil kamu dapat menggunakan cara yang pertama.

Semoga informasi ini berguna bagi bagi sobat-sobat yang sedang mencari cara untuk mengetahui Device ID pada smartphone /tablet untuk berbagai hal.

Referensi:
http://coretanbabe.blogspot.com/2017/06/kenali-device-id-smartphone-tablet.html

Bagaimana Cara Mengetahui ID Device di Perangkat Android? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Nilsa

0 comments:

Post a Comment